Perlukah Pembelajaran Berbasis ICT itu?



Hai..hai.. sahabat cemong dari berbagai generasi. Ini adalah postingan pertama cemong, mungkin nanti tulisannya agak sedikit cemong-cemong kayak orangnya. Ya dimaklumin saja sobat, hehehe. Tapi meskipun begitu cemong mau sedikit mengungkapkan pendapat tentang pembelajaran berbasis ICT.
 
Apa sih sebenernya ICT itu sob?
     ICT  itu sendiri merupakan kepanjangan dari Information and Communication Technology atau Teknologi Informasi dan Komunikasi. Kalau menurut cemong sendiri, ICT merupakan media yang bisa digunakan untuk berkomunikasi dan berbagi informasi yang sudah berupa teknologi canggih. Jadi, media tersebut tidak hanya bisa digunakan untuk melakukan satu aktivitas saja, tetapi juga bisa digunakan untuk double, triple, atau jebebel (karna teramat banyaknya hehe) aktivitas. Kita bisa berhubungan dan membagikan berbagai macam hal dengan banyak orang dibanyak lokasi, tidak hanya sebatas orang di sekitar kita tetapi juga sampai di berbagai negara sob. ICT  bisa berupa handphone, laptop, dan lainnya.

Menurut kalian, perlu tidak sih  pembelajaran berbasis ICT itu?
    Coba pikirkan baik-baik, melalui penjelasan singkat yang cemong ungkapkan tadi. Menurut cemong sendiri, cukup menguntungkan juga ICT itu. Kita bisa berbagi informasi ataupun mendapatkan informasi dengan cukup instan, bahkan kita bisa melakukan diskusi khusus mengenai suatu hal tanpa tatap muka langsung. Saat ini pun, ICT sudah dilengkapi dengan berbagai aplikasi yang membantu kita dalam memperoleh informasi dan melakukan komunikasi dengan orang dimanapun. Selain itu, manfaat yang lebih penting dari menggunakan ICT ini kita bisa belajar tidak hanya dari buku cetak saja tetapi juga buku elektronik maupun sumber lainnya. Kita juga bisa mendapatkan pembelajaran yang interaktif melalui game ataupun video yang memuat materi pendidikan yang kita butuhkan.
    Pembelajaran yang dipadukan dengan ICT, cemong rasa juga bisa menarik perhatian dan meningkatkan semangat belajar, karena bisa didesain dengan sebaik mungkin sehingga tidak terlihat monoton. Selain itu, melalui ICT kita juga bisa berbagi informasi atau mendapatkan informasi dengan melakukan diskusi tanpa harus tatap muka langsung dengan orang yang berjauhan.
     Kecanggihan teknologi yang semakin membuming seperti ini, tidak boleh kita sia-siakan dengan percuma. Tetapi, kita juga harus mampu membatasi dan memilah dalam penggunaannya. Pada dasarnya kan manusia itu makhluk sosial yang perlu berhubungan langsung dengan orang-orang disekitar. Oleh karena itu, tetaplah menjadi generasi yang bijak, yang mampu memanfaatkan kecanggihan tetapi juga dapat mengontrol keadaaan sekitar. 

Bagaimanakah saudara di pelosok nusantara dapat menikmati hal yang sama?

      Tentunya kita sebagai generasi yang meninginkan perubahan besar untuk kemajuan bangsa, kita tidak melupakan saudara setanah air yang berada di pelosok. Perkembangan ICT yang pesat inilah seharusnya kita manfaatkan dengan baik sob. Kita bisa membangun koneksi dengan berbagai kalangan masyarakat untuk menggalang dana bagi mereka, agar mereka juga dapat merasakan hal yang sama dengan apa yang kita rasakan. Jangan lupa ajak-ajak cemong ya sob, buat melakukan perubahan besar pada bangsa kita tercinta ini. 




Ini benar-benar asli pendapat cemong sendiri ya sob, karena mungkin setelah baca ini kalian bakal memiliki pendapat yang berbeda. Boleh lho.. jika kalian ingin menyampaikan pendapat, saran, kritik yang membangun. Tulis di kolom komentar ya! Be smart readers sob!   
Love you sahabat cemong setanah air.


Tidak ada komentar

Gambar tema oleh enjoynz. Diberdayakan oleh Blogger.