Mari Bercerita Dengan Digital Storytelling


           Hello Sahabat Cemong. Pada postingan sebelumnya kan, kita sudah mengenal yang namanya digital storytelling itu apa. Nah, pada postingan ini, Cemong mau sedikit membagikan kerangka cerita yang akan dibuat ke dalam digital storytelling berupa video.

           Cerita ini terinspirasi dari buku dengan judul "Pingo si Penguin Telanjang" dengan sedikit perubahan pada cerita maupun nama tokohnya.

Berikut adalah ceritanya..
Pico Pinguin Tak Berbulu


Pico adalah seekor pinguin yang hidup berkelompok bersama dengan teman-temannya. Dia tinggal di Antartika atau lebih dikenal dengan Kutub Selatan.

Pico memiliki bulu yang tebal dan indah daripada teman-temannya. Teman-temannya sangat mengagumi bulu yang dimilikinya. Hal itu membat Pico rajin merawat bulunya.

Dengan bulunya yang tebal, Pico tidak pernah merasa kedinginan. Suhu di Antartika memang sangat dingin, tetapi Pico merasa nyaman. Ia selalu bermain bersama teman-temannya.

Suatu hari, Pico meras ada yang aneh dengan tubuhnya. “Ada apa ini, kenapa aku merasa gerah?”. Ia kemudian keluar dari rumahnya dan menemui teman-temannya. “Teman-teman, apakah kalian merasakan hal yang sama denganku? Mengapa hari ini terasa panas? Lihat buluku berkeringat”.

“Ya Pico, hari ini kami merasa agak hangat, namun kami tidak sampai berkeringat sepertimu. Mungkin karena bulumu sangat tebal.” Jawab mereka. “Tenang saja Pico, mungkin hari ini matahari mendekati kita, besok ia pasti kembali ke tempat semula.” Sahut Lala.

Setelah beberapa hari kondisi yang dialami Pico dan teman-temannya tetap sama. Mereka merasa panas dan bongkahan es yang mereka injak semakin banyak yang mencair.

Pico berinisiatif untuk menggunduli bulu miliknya. “Teman-teman aku akan menggunduli buluku.” Kata Pico. “Jangan Pico nanti kamu akan merasa kedinginan tanpa bulumu.” Sahut Lala. “Tidak teman-teman, saat ini kondisi Antartika tidak seperti dulu lagi.”

 Akhirnya, karena Pico tidak tahan dengan panas yang ia rasakan. Ia memutuskan untuk tetap menggunduli bulu-bulunya. Kini Pico sering disebut pinguin tak berbulu.

Pesan dari cerita :
           Kita harus menjaga bumi agar global warming tidak semakin parah dan mengakibatkan es banyak yang mencair. Kita bisa melakukan hal-hal sperti melakukan penghjauan, tidak menebang pohon sembarangan, menggunakan alat listrik seperlunya. 

1 komentar:

Gambar tema oleh enjoynz. Diberdayakan oleh Blogger.